Belajar dari "I Not Stupid Too"

bokiieroo.blogspot.com
Film I Not Stupid Too memang film yang sudah cukup lama. Merupakan film dari Singapura tahun 2006. Film ini menjadi inspirasi bagi banyak pihak, terutama orang tua dan guru. Sangat jelas digambarkan bagaimana hubungan antara anak dengan orang tua, dan  siswa dengan guru.

Saya tidak akan menjelaskan alur cerita I Not Stupid Too, melainkan sedikit menyampaikan beberapa point penting yang terdapat pada isi cerita film tersebut.

(wikipedia) Beberapa Pemain film I Not Stupid:
  • Shawn Lee sebagai Tom Yeo 
  • Ashley Leong sebagai Jerry Yeo 
  • Joshua Ang sebagai Lim Chengcai 
  • Jack Neo sebagai Mr Yeo
  • Xiang Yun sebagai Mrs Yeo 
  • Huang Yiliang sebagai Mr Lim

Berangkat dari tugas dosen untuk memperhatikan permasalahan-permasalahan yang dimunculkan dan beberapa kalimat inspiratif dalam film I Not Stupid Too. Berikut saya jabarkan beberapa permasalahan dan kata kunci berupa kalimat inspiratifnya.

Masalah-masalah dalam film I NOT STUPID TOO
- Orangtua tidak menghargai bakat anak
- Saling tidak memahami antara anak dan orang tua tentang apa yang disuka/tidak disuka
- Orangtua tidak mau mendengarkan pendapat anak, mereka cenderung merasa benar karena lebih tua.
- Seorang Guru tidak menghargai usaha yang sudah dilakukan siswanya,
- Guru memberikan label buruk kepada anak didiknya, seperti “Apel Busuk”, Bodoh, tidak punya harapan, tidak berguna,dll.
- Tidak ada dukungan dari orangtua untuk kegiatan anaknya di sekolah
- Komunikasi yang sangat minim didalam keluarga karena orangtua sibuk bekerja
- Pertanyaan kritis anak tidak dapat dijelaskan sesuai tingkat pemahaman anak.
- Tidak ada konsistensi terhadap aturan yang dibuat orangtua.
- Pertengkaran suami dan istri dilakukan didepan anak-anak. Hal tersebut seharusnya tidak dilakukan.
- Kekerasan dalam rumah tangga oleh ayah Chengcai.
 - Orangtua tidak fokus dan telaten mengajari anaknya.
- Sedikit sekali ungkapan kasih sayang, terimakasih, pujian, dukungan, dan penghargaan.
- Sekolah memberikan hukuman fisik “cambuk” kepada siswa bermasalah.
- Salah pergaulah dengan para preman

Beberapa permasalahan dan kalimat kunci inspiratif penyelesaian masalah 

* Ketika banyak terjadi kasus dalam proses belajar mengajar, entah karena siswa itu malas, tidak tertarik dan susah memahami pelajaran, ataupun pelanggaran terhadap peraturan sekolah, maka yang harus dilakukan adalah mencari jalan keluar terbaik untuk semua pihak. Baik orang tua, guru, ataupun sekolah seharusnya lebih memahami anak didiknya. Konsekwensi yang diberikan seharusnya bersifat mendidik, bukan memberi hukuman fisik ataupun psikis. Jika sekolah tidak bisa membimbing murid-muridnya, mereka tidak berhak melakukan hukuman cambuk didepan umum.

* Guru yang bersifat otoriter tentu memberi dampak negatif. Sehingga siswa tidak berkembang, pendapat mereka tidak didengar, usaha mereka tidak dihargai, merasa menjadi pihak yang selalu salah, dan akhirnya timbul kebencian. Maka kuncinya adalah fokus pada bakat mereka dan bukan pada kekurangan mereka. Dengan cara demikian maka guru dan siswa dapat terjalin komunikasi dengan baik.
* Kesalahan yang dilakukan anak seharusnya diselesaikan dengan lebih bijaksana. Orangtua harus melihat latar belakang permasalahan, jangan hanya melihat kesalahan. Ajari anak bukan dengan memarahinya. Berkomunikasi dengan lebih baik, berkomunikasi dengan anak itu ada seninya.

* Mengkritik dengan cara yang baik, memberi pujian dan saran. “ Yang nilainya naik dari 25 ke 30, kemajuan kalian bagus. Dan aku akan membei hadiah, CD Jay Chou”. Atau “ Tan, teh lemon yang kemarin enak sekali, buat lebih enak dan akan kucantumkan dalam menu

* Masalah demi masalah yang dilakukan anak membuat orangtua sadar, bahwa mereka salah dalam mendidik anak. Dia (anak) lebih kecewa terhadap kami, daripada kami terhadap dia. 

  • Semua anak bisa diajari, tergantung bagaimana orangtuanya. 
  • Semua orang punya impian, dari impian datang harapan, dengan impian ada kekuatan. Impian menyinari hatimu bagai mentari, menerangi seluruh duniamu, memberimu keberanian untuk melangkah maju. 
  • Berikanlah lebih banyak pujian, lihat sisi baik seseorang. Dalam diri setiap anak ada sisi gelap dan sisi terang. Carilah sisi terang, dan semua yang baik akan muncul. 
  • “Barang berguna dipakai dengan salah akan jadi tidak berguna, barang tidak berguna dipakai dengan benar akan jadi berguna”.
  •  Pengakuan terhadap seseorang adalah sumber kekuatan.
  • Keajaiban mungkin berasal dari sepatah kata yang paling sederhana, ekspresi, atau tindakan yang paling kecil sekalipun.

*** Itulah sedikit tentang film I NOT STUPID TOO, film yang sangat inspiratif dan dapat diambil pelajaran baik untuk anak, orang tua, guru, sekolah, dan pemerintah. Untuk Anda yang belum menonton filmnya silahkan browsing atau download di youtube atau beli CD nya. Karena film tersebut kaya makna, dan sayang untuk tidak ditonton. Jika ingin membaca alur cerita film I Not Stupid, saya rasa sudah banyak yang menuliskan alur  ceritanya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemikiran Kalam Khawarij dalam ilmu Kalam

 Pemikiran Kalam Khawarij 1. Pengertian dan Penisbatannya A l-Khawarij adalah bentuk jama' dari khariji (yang keluar). Nama khawarij d...